• 24 Juli 2024 13:15

Pekerja Harus Siap inilah 10 Pekerjaan yang Berisiko Punah karena Digantikan oleh AI

BySingaperbangsaTv FSPS

Mei 15, 2023
Ai Fsps, Media Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa

Pekerjaan yang terancam punah akibat penggunaan kecerdasan buatan (AI) semakin banyak dibicarakan. Meskipun masih ada banyak pekerjaan yang memerlukan kemampuan manusia yang tidak dapat digantikan oleh AI, namun ada beberapa pekerjaan yang berisiko hilang karena keberadaan AI. Berikut ini adalah 10 jenis pekerjaan yang kemungkinan besar akan punah karena digantikan oleh AI:

  1. Pengetik: Meskipun pekerjaan pengetikan masih dibutuhkan dalam beberapa bidang, seperti administrasi dan penulisan, namun AI dapat menggantikan sebagian besar pekerjaan pengetikan dengan kemampuan otomatisasi penulisan.
  2. Petugas teller bank: AI sudah bisa menggantikan tugas-tugas yang biasa dilakukan oleh petugas teller bank seperti mengecek saldo, transfer uang, dan lain-lain. Seiring waktu, kebutuhan akan petugas teller bank akan semakin berkurang.
  3. Pekerja pabrik: Pekerja pabrik yang melakukan pekerjaan rutin dan monoton seperti pemrosesan data, pemuatan barang, dan pengemasan barang, akan digantikan oleh robot industri yang dilengkapi dengan AI.
  4. Pekerja customer service: Pekerja customer service yang mengambil panggilan telepon dan menjawab email dari pelanggan akan digantikan oleh AI yang dilengkapi dengan chatbot yang dapat menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan.
  5. Pekerja administrasi: Pekerja administrasi seperti asisten pribadi dan petugas keamanan akan digantikan oleh AI yang dapat melakukan tugas-tugas seperti menjadwalkan janji, memeriksa jadwal, dan memeriksa identitas.
  6. Pekerjaan akuntansi: Pekerjaan akuntansi seperti pencatatan transaksi keuangan dan pembuatan laporan keuangan dapat digantikan oleh AI yang dapat melakukan tugas-tugas tersebut secara otomatis.
  7. Pekerjaan di bidang perbankan: Pekerjaan di bidang perbankan seperti analisis risiko kredit dan manajemen investasi dapat digantikan oleh AI yang dapat melakukan analisis dan prediksi risiko secara lebih efisien.
  8. Pengacara: Pekerjaan pengacara dapat digantikan oleh AI yang dapat melakukan analisis hukum dan memberikan saran hukum berdasarkan data yang telah terkumpul.
  9. Jurnalis: Pekerjaan jurnalis dapat digantikan oleh AI yang dapat melakukan analisis data dan menghasilkan berita dengan lebih efisien.
  10. Pilot pesawat: Pekerjaan pilot pesawat akan digantikan oleh AI yang dapat melakukan penerbangan dan manuver pesawat secara otomatis.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun AI dapat menggantikan sebagian besar pekerjaan yang rutin dan monoton, namun masih ada pekerjaan yang memerlukan kemampuan manusia yang tidak dapat digantikan oleh AI. Oleh karena itu, sebagai manusia, kita perlu beradaptasi dan meningkatkan kemampuan kita agar dapat menghadapi tantangan masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *